Essay Beasiswa Tanoto Foundation 2014

Berikut ini adalah essay saya ketika mengikuti seleksi beasiswa Tanoto Foundation tahun ini (2014). Enjoy read this! Kalo ada komentar silakan post di comment ya. :D
“Fisika itu sulit, fisika itu buat pusing kepala”. Seperti itu kata orang ketika mendengar kata fisika. Bagi saya, fisika merupakan mata pelajaran yang saya minati saat SMA. Rumus fisika tidak terlalu kompleks seperti matematika, serta ada teori yang berkaitan dengan fisika dalam kehidupan sehari-hari, seperti “mengapa sebuah bola yang dilemparkan ke atas kemudian akan jatuh ke bawah?”. Salah satu jawabannya karena pengaruh gaya gravitasi. Gaya gravitasi bumi yang besar membuat makhluk hidup menginjak tanah, tidak melayang-layang seperti di bulan yang mempunyai gaya gravitasi kecil.
Selepas lulus dari SMA, saya memilih jurusan Fisika-Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA)-Universitas Riau (UR) melalui jalur SNMTPN tertulis 2011 sebagai pilihan pertama. Saat pengumuman hasil SNMPTN tertulis, alhamdulillah saya berhasil lolos di jurusan tersebut. Saya sangat bersyukur dapat diterima karena saya bercita-cita menjadi dosen dan peneliti bidang fisika. Sejak kecil, saya bercita-cita menjadi dosen. Bagi saya, dosen adalah sosok yang luar biasa karena dapat melingkup sebagai pendidik, serta peneliti dimana penelitiannya dapat berguna bagi masyarakat.
Kini saya duduk di semester 6, saya harus mengejar target saya untuk lulus kuliah minimal 3,5 tahun. Jika tidak dapat 3,5 tahun, saya harus menyelesaikannya selama 4 tahun. Setelah lulus kuliah, saya ingin melanjutkan S2 di National University of Singapore yang merupakan universitas terbaik di Asia. Saya ingin mengambil bidang instrumentasi. Sebab, saya ingin menjadi dosen di jurusan Fisika FMIPA UR. Kata salah seorang dosen saya, dosen-dosen jurusan tersebut kebanyakan memiliki keahlian bidang fisika material. Jika saya memiliki keahlian bidang instrumentasi, insyaallah akan lebih mudah diterima menjadi dosen,
Disamping dosen, saya ingin menjadi peneliti yang berkualitas. Setelah menamatkan S2 dalam waktu selambat-lambatnya 2,5 tahun. saya ingin bekerja menjadi peneliti di LIPI (Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia). Saya ingin meneliti tentang perangkat instrumentasi untuk segala bidang, salah satunya adalah sensor multinutrisi pada bidang pertanian. Setahun kemudian, saya berencana menikah mengingat umur saya yang cukup matang.
Beberapa langkah kecil saya untuk menjadi peneliti adalah membuat beberapa karya tulis ilmiah berbagai bidang. Pertama, “Khasiat Teh Ilalang” yang saya buat bersama kedua teman saya pada Lomba Paper Intelectual Student Community (ISC) FMIPA UR 2011. Kemudian, karya tulis tentang “Globalisasi” pada Pemilihan Mahasiwa Berprestasi (MAWAPRES) FMIPA UR 2012. Kompetisi karya tulis terbaru yang saya ikuti adalah Pekan Kreativitas Mahasiswa bidang Karsa Cipta (PKM-KC) 2014 bersama empat teman saya. PKM saya tentang “Kegunaan Termoelektrik untuk Menghidupkan Lampu Sepeda Motor”. Selain itu, saya ingin mengikuti Science Project Olimpiade Sains Nasional Pertamina (OSN-Pertamina) beberapa bulan kedepan.
Kata teman-teman dan beberapa dosen saya, saya merupakan mahasiswa yang cukup aktif dan berprestasi. Beasiswa Tanoto Foundation merupakan beasiswa bergengsi tingkat nasional untuk mahasiswa berprestasi, insyaallah saya berhasil mendapatkannya. Beasiswa yang saya dapatkan akan digunakan untuk tambahan SPP, biaya tugas akhir, biaya Kuliah Kerja Nyata (Kukerta). Sebab, saya tidak ingin menyusahkan orang tua mengenai besarnya biaya tersebut.
Semua langkah-langkah di atas adalah cara saya untuk menggapai cita-cita. Setiap manusia harus mempunyai impian setinggi mungkin, tetapi harus mempunyai cara agar impian tersebut tercapai. Selain itu, jangan lupa berdoa dengan sungguh-sungguh. Semoga kita dapat menggapai impian tertinggi masing-masing. Amin.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Marsidudu di Tanah Mandailing

Mari ikuti Beasiswa Dataprint!

Ayo Ikuti Beasiswa Dataprint Periode 2 Tahun 2014