Esai Beasiswa Dataprint 2014-Persiapan Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas ASEAN 2015

           Era pasar bebas ASEAN merupakan era dimana perekonomian negara ASEAN bergeser ke arah pasar bebas. Sebagai negara anggota ASEAN, Indonesia dituntut mengarahkan ekonomi nasional menuju era pasar bebas. Untuk mempersiapkan ekonomi Indonesia menuju era pasar bebas, dibutuhkan kerja sama berbagai sektor, seperti pemerintah, pelaku usaha dan industri, serta generasi muda.
           Generasi muda merupakan tonggak perekonomian bangsa yang paling bergengsi. Generasi muda, khususnya pelajar dan mahasiswa, dapat membantu perekonomian dengan cara meningkatkan riset untuk menciptakan inovasi produk yang dapat diekspor ke negara lain. Contoh inovasi produk dalam bidang teknologi adalah mobil listrik buatan mahasiswa ITS (Institut Teknologi Surabaya), dimana mobil tersebut dibuat melalui proses riset, uji coba, dan evaluasi.
            Inovasi produk dalam riset para generasi muda tidak harus bidang teknologi. Inovasi tersebut ada dalam bidang kewirausahaan, ilmu pengerahuan, industri, kesehatan, infrastruktur, kebudayaan, dan lain-lain. Inovasi produk secara intensif, produktif dan kreatif dapat meningkatkan nilai jual produk sehingga lambat laun pendapatan per kapita Indonesia meningkat. Peningkatan pendapatan per kapita ini dapat menyejahterakan rakyat dan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.

            Menurut Menteri Koordinator Perekonomian, Gita Wirjawan, pentingnya sosialisasi pasar bebas demi menyiapkan mental masyarakat Indonesia, khususnya generasi muda. Sebab, di tangan generasi muda, Indonesia bakal memiliki semangat tinggi memenangkan persaingan di pasar bebas.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tradisi Marsidudu di Tanah Mandailing

Mari ikuti Beasiswa Dataprint!

Ayo Ikuti Beasiswa Dataprint Periode 2 Tahun 2014