Esai Beasiswa Dataprint 2014-Persiapan Generasi Muda Dalam Menghadapi Era Pasar Bebas ASEAN 2015
Era
pasar bebas ASEAN merupakan era dimana perekonomian negara ASEAN bergeser ke
arah pasar bebas. Sebagai negara anggota ASEAN, Indonesia dituntut mengarahkan
ekonomi nasional menuju era pasar bebas. Untuk mempersiapkan ekonomi Indonesia
menuju era pasar bebas, dibutuhkan kerja sama berbagai sektor, seperti
pemerintah, pelaku usaha dan industri, serta generasi muda.
Generasi muda merupakan tonggak
perekonomian bangsa yang paling bergengsi. Generasi muda, khususnya pelajar dan
mahasiswa, dapat membantu perekonomian dengan cara meningkatkan riset untuk
menciptakan inovasi produk yang dapat diekspor ke negara lain. Contoh inovasi
produk dalam bidang teknologi adalah mobil listrik buatan mahasiswa ITS
(Institut Teknologi Surabaya), dimana mobil tersebut dibuat melalui proses
riset, uji coba, dan evaluasi.
Inovasi produk dalam riset para
generasi muda tidak harus bidang teknologi. Inovasi tersebut ada dalam bidang kewirausahaan,
ilmu pengerahuan, industri, kesehatan, infrastruktur, kebudayaan, dan
lain-lain. Inovasi produk secara intensif, produktif dan kreatif dapat
meningkatkan nilai jual produk sehingga lambat laun pendapatan per kapita
Indonesia meningkat. Peningkatan pendapatan per kapita ini dapat
menyejahterakan rakyat dan mengurangi angka kemiskinan di Indonesia.
Menurut Menteri Koordinator
Perekonomian, Gita Wirjawan, pentingnya
sosialisasi pasar bebas demi menyiapkan mental masyarakat Indonesia, khususnya
generasi muda. Sebab, di tangan generasi muda, Indonesia bakal memiliki
semangat tinggi memenangkan persaingan di pasar bebas.
Komentar
Posting Komentar